Dinkes Kudus Gelar Pelaksanaan Kegiatan Posbindu PTM.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menggelar skrining penyakit tidak menular dan Monitoring Status Kesehatan Pengungsi serta keluhan penyakit lainnya di tempat pengungsian korban banjir sebagai upaya memastikan para pengungsi dalam kondisi sehat.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa (10/1) 2023, oleh Dinas kesehatan bagian PTM beserta Puskesmas Ngemplak, skrining digelar di Posko Pengungsian Puskesmas Pembantu desa Karangrowo Kabupaten Kudus.

Kegiatan dilakukan sebagai upaya kesehatan masyarakat yang berorientasi kepada upaya promotif dan preventif dalam pengendalian penyakit tidak menular.

Skrining penyakit tidak menular diprioritaskan untuk penyakit diabetes melitus, hipertensi, asam urat serta kolesterol.

Sasarannya, ditujukan pada kelompok umur 15-59 tahun atau usia produktif karena adanya kecenderungan bahwa penyakit-penyakit diabetes melitus dan hipertensi juga menyerang kelompok usia tersebut.

Salah satu pengungsi, Darmini, yang ikut memanfaatkan layanan tersebut menyampaikan berterima kasih adanya skrining kesehatan karena dirinya bisa mengetahui gula darahnya maupun tensi darahnya.

Dengan adanya deteksi dini dan pemantauan faktor risiko penyakit tidak menular, setidaknya bisa diketahui apakah pola hidup sehat sudah dijalankan atau belum, mulai dari pola makan hingga aktivitas fisik selama ini.

Dengan adanya skrining penyakit tidak menular, diharapkan kesehatan para pengungsi korban banjir juga terpantau sejak dini, sehingga antisipasi terhadap penyakit tidak menular bisa segera diantisipasi,

“Syukur semua indikator kesehatan normal, mulai dari gula darah, kolesterol hingga tekanan darah,”