PROFIL KESEHATAN DAERAH KABUPATEN KUDUS TAHUN 2015

admin 2016-09-09

I.           PENDAHULUAN

Program unggulan Millenium Development Goals (MDGs) menjadi tema pokok pembangunan nasional. Di Tahun 2015 ada transisi MDGs ke SDGs (Sustainable Development Goals/ Tujuan pembangunan Berkelanjutan) atau disebut juga dengan Global Goals. SDGs adalah sebuah kesepakatan pembangunan baru penganti MDGs, masa berlakunya 2015 – 2030, sebuah dokumen yang disepakati lebih dari 190 negara yang berisikan 17 goal dan 169 sasaran pembangunan.

      Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, Pasal 43, 44 juga menyebutkan bahwa Puskesmas wajib  melakukan kegiatan Sistem Informasi dan melaporkan kegiatan Puskesmas secara berkala kepada Dinas Kesehatan.

Dalam era globalisasi, maka informasi memegang peranan yang sangat penting sehingga kemampuan sumber daya manusia untuk menguasai teknologi informasi maupun substansi informasi merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi.

Data itu sulit dan mahal, tetapi membangun tanpa data akan jauh lebih sulit dan mahal, demikian slogan yang sering dikatakan berkaitan dengan pemanfaatan data. Data yang ditampilkan pada Profil Kesehatan Kabupaten Kudus Tahun 2015 dapat membantu kita dalam melihat cakupan pelaksanaan program yang dilaksanakan, dan dapat dijadikan pertimbangan dalam penyusunan perencanaan program pembangunan kesehatan selanjutnya.

Sumber data Profil Kesehatan Kabupaten Kudus berasal dari berbagai unit kerja baik lintas program di lingkungan bidang kesehatan maupun lintas sektor di luar bidang kesehatan. Supaya data yang diterima valid, akurat, dan relevan, data dari Puskesmas atau pelayanan kesehatan lainnya di konfirmasi oleh pemegang program di Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus.

Profil Kesehatan Kabupaten Kudus merupakan gambaran secara menyeluruh keadaan kesehatan di Kabupaten Kudus yang diterbitkan setahun sekali. Dalam Profil kesehatan tersebut memuat berbagai data tentang kesehatan dan data pendukung lainnya yang berhubungan dengan kesehatan seperti data penduduk, sarana prasarana kesehatan dan pencapaian program-program kesehatan selama satu tahun. Hal ini sebagai bukti salah satu bentuk tanggung jawab pembangunan kesehatan di Kabupaten.

Tujuan diterbitkannya Profil Kesehatan Kabupaten Kudus Tahun 2015 adalah dalam rangka menyediakan sarana untuk perencanaan, pemantauan dan evaluasi pencapaian Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Kudus .